Monday, February 26, 2018

12 Cara Merawat Baterai Laptop Supaya Awet

February 26, 2018

12 Cara Merawat Baterai Laptop Supaya Tahan Lama

Merawat Baterai Laptop Supaya Tahan Lama

12 Cara Merawat Baterai Laptop Supaya Tahan Lama - Perbedaan Laptop dengan penggunaan PC desktop atau komputer, masalah yang sering dihadapi oleh pengguna laptop adalah, seperti ketika bermain game-game HD jika sudah ketagihan dan bermain dengan berjam-jam, maka harus bolak balik melakukan charge baterai laptop, karena baterai laptop sering boros dan tidak awet saat main game.

     Beda dengan pengguna komputer, yang bisa bermain game HD atau aktifitas berat lainnya tanpa perlu was-was dengan kondisi baterai yang sudah hampir habis. Bedanya kalau pada komputer, dimana jika mati lampu maka aktifitas di komputer akan ikut “mati” alias terhenti, adapun pengguna laptop dapat terus mengoperasikannya sampai baterainya habis. 
    Adapun hal yang menjadi problem dalam penggunaan laptop adalah masa pakai baterai yang sangat singkat, sehingga orang yang sibuk beraktifitas dengan laptop, maka bisa 3 kali charge baterai laptop dalam sehari. Baterai yang cepat habis itu wajar, karena memang sangat dipengaruhi dengan kecepatan CPU, kinerja grafis yang tinggi, besarnya RAM dan komponen lainnya yang memerlukan daya baterai yang besar.

Tips merawat baterai Laptop agar tetap awet dan tahan lama.

     Dan problem mengenai daya tahan baterai ini menjadi perhatian serius dari para perusahaan pembuat laptop, sudah terdapat inovasi-inovasi yang membuat baterai bisa lebih tahan lama, dan kedepannya mungkin akan dapat lebih baik. Selain itu, terdapat beberapa cara merawat baterai laptop agar tidak cepat rusak:

1.     Lakukan Charge Hingga Penuh Sebelum Menggunakan

      Apabila Anda memang baru saja membeli sebuah laptop baru, dimana kondisinya baterai dalam keadaan hanya memiliki sedikit daya baterai, dalam keadaan seperti itu jangan dahulu menggunakan laptop, akan tetapi biarkan laptop mati, kemudian lakukan charge hingga penuh yang berlangsung beberapa jam, yang ditandai dengan lampu indikator yang menandakan sudah full charge.

2.     Atur Pengaturan Baterai

     Anda perlu mengatur periode sleep laptop, ini sangat baik agar baterai laptop dapat tahan lama, dimana setelah dalam jangka waktu tertentu laptop tidak digunakan, padahal laptop dalam keadaan hidup, sehingga dengan layar dan laptop yang “istirahat” ketika dalam keadaan demikian maka dapat menghemat baterai, dan juga membuat tahan lama pada baterai laptop, untuk memaksimalkan masa pakai baterai. Untuk setting ini ada pada menu power options, bisa dicari di Control Panel.

3.     Matikan Fitur Wifi Ataupun Bluetooth

     Ketika memang tidak sedang digunakan, maka tidak ada alasan untuk tidak menonaktifkan fitur Bluetooth dan Wifi, karena kedua fungsi tersebut cukup banyak mengurangi daya baterai.jadi saya sarankan untuk menonaktifkan saja fitur tersebut. Sehingga jika memang sudah tidak digunakan maka segera

4.   Setting Layar Laptop Anda

     Jangan terlalu men-setting layar sehingga terlalu terang, usahakan sedang-sedang saja, tetapi jangan setting terlalu gelap layarnya yang malah membuat tulisan di layar tidak jelas dan dapat merusak mata. Sehingga setting layar jangan terlalu gelap, jangan juga berlalu terang.

5.  Lebih Baik  Menonaktifkan Screen Saver

     Dimana screen saver mengkonsumsi daya yang jauh lebih tinggi karena CPU terus aktif, serta kartu video serta layar juga digunakan.

6. Copot Setiap Perangkat Eksternal Yang Tidak Diperlukan

     Seperti flashdisk, modem USB, Mouse nirkabel dan lainnya. Karena semua perangkat tadi juga memakan daya baterai dari laptop.

7. Cek Program Yang Berjalan di Startup

Anda nonaktifkan atau disable pada program yang Anda anggap tidak perlu.

8. Segera Copot Apabila Pengisian Sudah Penuh

    Jika sudah penuh maka perangkat charge yang terhubung ke laptop harus di cabut, Hal ini sangat efektif diterapkan untuk merawat baterai laptop tanam jangan sampai masih terus melakukan charge padahal baterai laptop sudah penuh, karena tidak baik untuk keawetan dan tingkat tahan lama baterai.

9. Simpan Baterai Apabila  Laptop Tidak Digunakan Dalam Waktu Lama

    Apabila  laptop tidak digunakan dalam waktu lama  maka baterai laptop sebaiknya disimpan saja. Anda simpan di dalam plastik yang kering, kemudian simpan di tempat yang sejuk, dan simpan juga dengan beberapa silica gel untuk mencegah kelembaban.

10. Jangan Sampai Perangkat Laptop Atau Baterai Terkena Air

    Tahu sendiri kan bahaya akibatnya? Walaupun memang nantinya bisa kering dan bisa dipakai lagi, akan tetapi jamur dan korosi akan menggerogoti fisik baterai itu sendiri.

11. Gunakan Baterai Dan Charger Yang Original

    Jangan lupa unutk selalu menggunakan baterai dan charger yang original. Tentu yang original lebih terjamin kualitasnya, yang kualtiasnya jauh berkali-kali lipat dibandingkan dengan barang KW.

12. Memaksimalkan Mode Sleep

     Apabila sering hidupakan dan matikan dalam waktu singkat maka jika begitu tidak usah dimatikan, lebih baik Anda setting ke mode sleep saja. Karena tenaga yang diperlukan pada ketika laptop menyala itu lebih kecil dibandingkan saat menyalakan laptop.

Demikian Artikel tentang 12 Cara Merawat Baterai Laptop Supaya Tahan Lama semoga bermanfaat :)


Thanks for reading 12 Cara Merawat Baterai Laptop Supaya Awet

Related Posts

Your Comments

No comments:

Post a Comment

Cari Wacana

Copyright © Titik Wacana. All rights reserved. Template by CB Blogger