Thursday, December 14, 2017

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android

December 14, 2017

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android


Cara Mempercepat Koneksi Internet Android -Dalam beberapa tahun terakhir penggunaan ponsel dengan memakai pltaform Android meningkat tajam, jumlah pengguna sangat banyak, baik itu dari anak-anak (yang masih menangis minta di belikan orang tuanya), hingga remaja dan orang dewasa yang menggunakan adroid. Selain didukung dengan banyak produsen handphone yang membuat produk berupa HP yang berbasis android.Kepopuleran Android tidak terlepas dari baiknya para produsen Handphone yang membuat ponsel buatannya memiliki kualitas jaringan internet yang dapat dikatakan baik untuk pengguna yang berada di geografis Indonesia.

Dimana penggunaan Android sangat erat kaitannya dengan yang namanya jaringan internet. Untuk itu, berhubungan dengan masalah intenet, maka tampaknya perlu untuk kita mengetahui cara untuk mempercepat koneksi jaringan intenet yang ada pada smartphone Android.

Karena apabila koneksi internet yang dimiliki lambat, maka jika ingin mendownload file-file ukuran besar seperti video, maka seringnya akan mengalami kegagalan. Disamping itu juga, cukup banyak provider yang membuat strategi menarik, untuk menjual paket data internet, seperti paket kuota maupun yang unlimited. Dimana harga yang ditawarkan provider-provider yang ada berbeda-beda, yang itu juga tergantung dari paket kuota yang tersedia.

Yang menjadi masalah, terkadang kita dibuat kesal dengan ketika berlangganan paket kuota dengan kecepatan yang “katanya” bagus, tetapi nyatanya lelet. Berikut di bawah pembahasan masalah mempercepat koneksi pada smartphone Android.

1. Penting untuk memilih operator seluler terbaik dalam menyediakan layanan internet
Dengan memilih jenis operator seluler (ISP) yang biak, maka ini menjadi hal yang sangat penting, agar nantinya Kamu dapat menikmati kecepatan internet yang sesuai harapan. Penting untuk memilih kartu yang memiliki kualitas jaringan terbaik, yang minimal support pada jaringan HSDPA.

2. Setting ke jaringan 3G Only atau 4G only 
Tentunya kita ingin browsing, streaming ataupun downloading dengan kecepatan internet yang stabil, untuk itu sangat disarankan setting jaringan di perangkat Android milikmu ke jaringan 4G Only, dimana itu adalah setting untuk pencarian otomatis jaringan. Kegunaannya tentunya untuk memperoleh kecepatan internet yang baik dan stabil, karena apabila memilih mode WCDMA, maka dalam suatu kondisi kita dapat “terdampar” ke jaringan EDGE, yang kualitas jaringannya rendah.

3. Jangan Menjalankan Aplikasi Terlalu banyak
Ketika Kamu berselancar atau browsing di Android, ataupun sedang melakukan proses download, dimana proses download yang dilakukan lumayan memakan banyak RAM, untuk itu disarankan agar menutup aplikasi lainnya ketika sedang melakukan aktifitas-aktifitas diatas, agar nantinya tidak memakan banyak RAM, yang berpengaruh pada kualitas jaringan internet sendiri nantinya.

4. Matikan saja fitur tethering
Ketika mengaktifkan tethering hotspot, ataupun sedang berbagi WiFi untuk pengguna android lain, maka itu sama dengan berbagi bandwidth, dimana ini menyebabkan kecepatan internet menjadi lambat. Sehingga, ketika Kamu benar-benar ingin dalam keadaan memiliki koneksi internet yang cepat, maka matikan fitur tethering, gunakan ketika memang sedang perlu.

5. Rajin Hapus Cache 
Masalah yang juga dapat menyebabkan lambatnya kinerja ponsel, sehingga ini juga berujung pada rendahnya kualitas jaringan yaitu file cache yang menumpuk. Untuk itu, penting untuk menghapus cache secara rutin, sehingga nantinya diharapkan smartphone Kamu dapat maksimal performanya,  sehingga koneksi internet Android pun menjadi lancar.

6. Pilih browser Android Yang Yerbaik
Hal ini juga cukup perlu diperhatikan, dimana sekarang ada lumayan banyak aplikasi browser yang disediakan di Google Play Store. Kamu dapat memilih beberapa browser yang memiliki tingkat kompresi tinggi, dimana ini berguna untuk mempercepat membuka laman web, beberapa browser yang dapat Kamu gunakan secara gratis yaitu Opera Mini, Dolphine, dan Chrome.

7. Gunakan Browser Ringan Kalau Cuma Membaca Artikel
Disarankan untuk Kamu menggunakan browser opera mini, apabila tujuan untuk menggunakan internet hanya untuk membaca berita terbaru, ataupun membaca  artikel-artikel, ini aka mempercepat Kamu dalam mencari tulisan atau artikel yang diinginkan.

8. Gunakan aplikasi Android yang dapat mempercepat Koneksi Internet
Aplikasi yang cukup bagus yaitu:

Internet  Booster &  Optimizer
Memiliki kemampuan untuk meningkatkan kecepatan internet, dengan menstabilkan sinyal yang ditangkap oleh perangkat smartphone milikmu, sehingga lumayan ampuh dalam meningkatkan kecepatan internet, download aplikasi Internet Booster & Optimizer disini

Internet Speed Meter Lite 
Aplikasi ini mempunyai kemampuan untuk menunjukan transfer data download dan upload, dari beberapa metode jaringan seperti GPRS, 3G,4G ataupun WIFI, dengan aplikasi Internet Speed Meter Lite, Kamu dapat melihat dengan mudah trafik data dalam angka Kilobyte (Kb), untuk juga mengetahui trafik down dan up stream, serta mengetahui keadaan data sedang diambil atau justru dalam keadaan tidak aktif. Download aplikasi Internet Speed Meter Lite disini

Demikian artikel tentang Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Semoga bermanfaat.

Thanks for reading Cara Mempercepat Koneksi Internet Android

Related Posts

Your Comments

1 comment:

  1. muali sekarang saya akan rajin hapus cache. dulu gak berani takutnya ada yng kehapus juga..
    ternyata cache adalah sampah
    solder uap

    ReplyDelete

Cari Wacana

Copyright © Titik Wacana. All rights reserved. Template by CB Blogger