Sunday, February 25, 2018

6 Cara Mudah Mengatasi Laptop Sering Not Responding

February 25, 2018
windows explorer not responding

      Mengatasi Laptop Sering Not Responding -Pengunaan Laptop sekarang sudah menjadi hal yang sangat membantu dalam kehidupan manusia, aktivitas manusia menjadi sangat terbantu dengan kehadiran laptop, dalam dunia perkantoran, sekolah, dan kehidupan sehari-hari. hampir semua perusahaan memanfaatkan dengan baik.laptop atau pc mempunyai bermacam-macam jenis, dari yang mempunyai spesifi tinggi untuk bermain game atau menjalankan aplikasi yang berat sampai spesifikasi rendah yang hanya di gunakan untuk menulis saja di microsoft word sudah berat.
   ketika sedang mengerjakan sesuatu dengan media laptop yang sangat membantu pekerjaan anda, tiba- tiba laptop anda lemot dan Not responding, padahal file pekerjaan anda tersebut belum sempat disimpan, sangat menjengkelkan bukan?
nah bagi anda yang laptop nya sering not responding ada beberapa tips sari kami untuk megatasi laptop yang sering not responding pada windows7,windows8,windows 10.


Cara mengatasi laptop sering not responding

1. Uninstal program yang tidak penting
 Cara Yang pertama cukup mudah yaitu dengan mencopot pemasangan aplikasi yang tidak terlalu penting atng jarang di gunakan.karena dengan banyak nya aplikasi progam yang terpasang dalam laptop anda dapat menjadi beban kerja sistem laptop anda, sehingga ini bisa menjadi salah satu faktor yang membuat laptop menjadi lambat dan sering terjadi not responding terus. maka dari itu aplikasi-aplikasi yang sekiranya jarang anda buka dan gunakan lebih baik di uninstall saja, hal tersebut terbukti mampu meningkatkan kinerja laptop yang terasa sangat berat.

2. Rutin membersihkan laptop
Kenyataannya laptop yang terlalu kotor, yang banyak dipenuhi debu mengakibatkan sering terjadinya hang, sehingga penting untuk pemiliki laptop agar rajin dalam membersihkan laptop dari kotoran debu yang menempel di laptop, lakukan secara rutin seperti sebulan sekali. 

Keadaan yang lembab dan kotor bisa mengakibatkan komponen seperti RAM sering menyebabkan terjadinya “blue screen”, kemudian juga bisa mengkibatkan monitor tidak menampilkan gambar apapun. Untuk itu Anda bisa mencabut, kemudian membersihkan memori tersebut dengan hati-hati, kemudian tancapkan lagi.

3. Update anti-virus

gunakan antivirus yang handal dan terkenal (yang banyak tersedia di internet dalam versi gratis) seperti Avira, Avast, AVG, Smadav (Antivirus Indonesia), dan beberapa lainnya . Setelah itu hal yang tidak kalah pentingnya adalah lakuka update antivirus, jangan sampai sudah selama sebulan akan tetapi tidak pernah dilakukan update antivirus, sehingga virus-virus jenis baru yang belum terdeteksi dengan antivirus anda dapat masuk menyerang laptop anda.hal ini bisa membuat laptop anda hang atau Not responding.

4. Aplikasi yang tidak cocok / kompatibel 

Lapop juga bisa mengalami hang dikarenakan software yang diinstall di dalamnya ternyata ada yang tidak support dengan system operasi, sehingga otomatis hal ini akan memicu terjadinya hang, atau juga karena spesifikasinya yang dibutuhkan terlalu tinggi, sehingga sistem laptop “tidak kuat” untuk menjalankan software dengan kebutuhan spesifikasi tersrbut. Untuk itu sebelum instal suatu software, pastikan spec laptop mencukupi untuk menjalankan software tersebut, serta juga periksa apakah OS yang disupport, apakah itu Mac, Windows 98, Windows XP, Windows 7 atau lainnya?

5. Driver Yang Tidak Suport

Driver yang tidak terpasang dengan baik, seperti contohnya ketika anda selesai menginstal windows baru di laptop anda maka di sarankan untuk langsung menginstal driver asli yang berupa cd saat anda membeli laptop anda supaya pas dan cocok dengan perangkat keras anda. nah Untuk memeriksa apakah driver dan hardware sudah cocok, langkah-langkahnya di bawah ini:
  1. Pertama-tama Klik “Start” 
  2. Lalu pilih setting 
  3. Pilih Control Panel 
  4. Pilih System 
  5. Device Manager 
  6. Setelah itu, perhatikan apakah ada tanda “!” berwarna kuning di dalam segitiga. Apabila ada, maka perlu melakukab install ulang driver harware dengan baik dan dan benar, sehingga masalah dapat hilang.

6. DEFRAGMENT HARD DISK 

Cara Defragment Harddisk, disini saya menggunakan OS Windows 7, langkah-langkahnya:
  1. Pilih pada salah satu drive yang akan di Defrag, dimana utama drive yang dipilih adalah Local Disk C: atau Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Kalau bisa, maka lebih baik lagi Defrag pada semua drive Harddisk yang ada pada laptop Anda.
  2. Klik kanan pada drive, lalu pilih Properties
  3. Di menu Properties, lalu pilih Tools.
  4. Lihat pada bagian Defragmentation
  5. Lalu pilih Defragment now...
  6. Anda tunggu sampai proses Defrag hingga selesai

7. Menggunakan Kipas Pendingin
yang utamanya ketika sudah menggunakan laptop lebih dari 2 jam untuk menjalankan program berat, seperti untuk bermain game.  Sehingga hindari menggunakan laptop tanpa coolingpad dalam jangka waktu yang lama (lebih dari 2 jam) karena akibatnya bisa membuat komponen processor mengalami overheat (terlalu panas), dimana ini memicu hang pada laptop, dan juga bisa menyebabkan kerusakan yang cepat pada komponen processor tersebut.

Nah cukup sekian tips mengatasi  Mengatasi Laptop Sering Not Responding, semoga bermanfaat 😊

Thanks for reading 6 Cara Mudah Mengatasi Laptop Sering Not Responding

Related Posts

Your Comments

No comments:

Post a Comment

Cari Wacana

Copyright © Titik Wacana. All rights reserved. Template by CB Blogger