Tuesday, March 6, 2018

10 Tips Memilih Power Bank Yang Berkualitas

March 06, 2018

10 Tips Memilih Power Bank Yang Berkualitas

powerbank
gambar ilustrasi

Memilih Power Bank yang Asli  -Produksi gadget yang sangat banyak sampai-sampai muncul istilah bahwa membeli gadget sama saja dengan membeli kacang di warung, bahkan anak kecil yang masih duduk di bangku sekolah dasar sudah memegang gadget yang sangat canggih ( walaupun hasil dari menangis meminta orang tua :D )  baik itu berupa sistem operasi Android maupun iOS.

trend mode yang seperti itu, sedikit banyank mempengaruhi juga pada perkembangan berbagai inovasi pada perangkat pendukung gadget, salah satunya adlah power bank yang penggunaannya juga semakin populer. Power Bank ini merupakan perangkat yang berfungsi untuk menyimpan daya energi / listrik, dimana ini dapat mempermudah para pengguna gadget, utamanya smartphone, yang membuat lebih praktis.

Baca : Mengapa Susunan Tombol Huruf Keyboard QWERTY?

Tips Memilih Power Bank yang Asli, Bagus & Berkualitas

Untuk Memilih produk powerbank maka perlu untuk mengetahui power bank yang berkualitas tinggi, yang mana terdapat berbagai produk powerbank dengan variasi-variasi yang bentuknya cantik,  tetapi tentu yang paling utama adalah bagaimana kita dapat memilih Power Bank yang tentunya asli, bagus, awet  dan juga berkualitas dalam digunakan. Langsung saja berikut di bawah ini beberapa tipsnya:

1. Lihat kapasitas baterai Smartphone
Apabila ingin membeli produk PowerBank, jangan lupa untuk memperhatikan kapasitas pada baterai smartphone Kamu, penting untuk membeli powerbank dengan kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan baterai perangkat gadget Kamu, usahakan ukuran kapasitas dayanya yaitu 3 kali kapasitas baterai.

2. Membeli Power Bank yang menggunakan bahan  pelindung yang bagus

Hal ini juga cukup penting, kamu perlu mengecek secara seksama pada bahan pelindung untuk power bank yang aman dan awet, sehingga tidak mudah rusak dalam penggunaannya, serta kualitasnya baik.

3. Cek garansinya
Garansi powerbank juga perlu untuk Kamu perhatikan, dimana nantinya dengan punya garansi toko pada produk powerbank yang Kamu beli, maka nantinya Kamu bisa mendapatkan layanan service dari toko tersebut.

4. Lihatlah Kapasitas Power Bank
 jangan lupa untuk melihat kapasitas daya (listrik) yang dapat tersimpan pada Power Bank yang ingin dibeli, sehingga dengan kapasitas yang memadai maka akan ada banyak daya yang tersimpan, yang dengan begitu Kamu dapat melakukan kali charge / pengisian daya untuk gadget.

5. Cek kelengkapan Power Bank
Kamu teliti apa saja kelengkapan yang tersedia pada power bank, dimana perangkat Power bank dapat dikatakan lengkap ketika punya beberapa fitur, seperti lampu indicator, konektor, kabel A/C, dan juga harus baterai yang asli, Kamu cek semua kelengkapan tersebut, apakah ada atau tidak?

6. Kabel gadget yang asli
Usahakan untuk memiliki memakai kabel asli, apalagi jika gadget atau smartphone Kamu terdiri dari komponen dengan spesifikasi tinggi yang tentunya mahal, dan terdapat banyak sekali fitur didalamnya

7. Umumnya harga mahal menentukan kualitas
Power bank dengan harga yang mahal umumnya memiliki kualitas yang tinggi dan sangat baik (kecuali jika ditipu oleh si penjual, misalnya barang KW2 dijual dengan harga mahal), untuk itu cukup penting memilih power bank bermerek yang tentunya mahal. Walaupun harganya cukup mahal, tetapi sebanding dengan kualitasnya, yang nantinya juga baik untuk kesehatan gadget canggih Kamu, tetapi tentunya  membeli barang bermerek yang asli, jangan sampai penjual menipu kita.

8. Kebutuhan tegangan output perangkat
Kebutuhan tegangan setiap perangkat berbeda-beda, untuk itu cari output power yang sama dengan input perangkat pada gadget atau smartphone Kamu, umumnya output yang dibutuhkan sebesar 5V.

9. Safety protection
Penting untuk memilih Power Bank yang punya beberapa fitur panting ini yaitu: Short Circuit Protection, Over Current Protection, Overcharge Protection, Over Voltage Protection, serta Temperature Protection, cek kondisi pada fitur-fitur tersebut.

Baca : Cara Mempercepat Koneksi Internet Android

10. Membedakan Power Blank asli (original) dan palsu

berikut dibawah ini beberapa tips untuk membeli power bank yang asli:
  • Tentunya, usahakan untuk membeli Power Bank Dari toko atau penjual yang memang sudah terpercaya.
  • Kamu bisa menanyakan kapasitas power bank, lalu Kamu lakukan perbandingan dengan melihat dimensi dan berat power bank, dimana makin besar kapasitas daya maka harusnya akan semakin besar dan berat Power Bank.
  • Tanya garansi yang diberikan (umumnya 1 tahun), untuk jaga-jaga jika terjadi sesuatu.
  • Tanya juga beberapa fitur safety protection (yang sudah disebutkan diatas, pada poin no. 9), dan apabila memungkinkan, Kamu dapat minta untuk mencoba fiturnya itu, apakah bekerja dengan baik.
  • Jangan mudah tergiur dengan power bank yang murah, tetapi katanya punya kapasitas daya yang besar.
  • Dalam masalah harga, seperti misalnya pada Power bank merek Samsung, apabila kapasitasnya sebesar 20.000mAh, maka harga rata-rata dipasaran untuk power bank bermutu tinggi ini yaitu sekitar Rp.400.000 sampai Rp.500.000. nah apabila ditawarkan dengan harga hanya Rp.200.000, maka patut dicurigai.
  • Yang juga perlu diketahui, kemasan juga dapat menipu, karena kemasan bisa di desain sama persis dengan kemasan yang asli dari pabrik.
  • Pastikan kabel power bank menggunakan micro USB, dan kabel jangan memakai kabel sambungan dengan konektor banyak, karena umumnya cepat rusak, sehingga charge smartphone dengan kabel original yang dari gadgetnya sendiri.

Semoga bermanfaat.

Thanks for reading 10 Tips Memilih Power Bank Yang Berkualitas

Related Posts

Your Comments

1 comment:

Cari Wacana

Copyright © Titik Wacana. All rights reserved. Template by CB Blogger